Training NVivo: Pertemuan Kedua

Dalam pertemuan kedua pada sesi training NVivo pada hari Senin tanggal 14 dengan materi 'Teknik Pemberian Kode pada Data Kualitatif dengan Menggunakan Menu Document pada fasilitas Resouces. Masalah yang dipelajari dalam istilah penelitian kualitatif pada sesi ini adalah 'bagaimana menemukan inti cerita' dari sebuah (hasil wawancara, dokumen atau catatan observasi). NVivo dalam hal ini memakai dua istilah penting yaitu Coding dan Nodes. Coding artinya Anda berusaha mengidentifikasi inti cerita atau ide utama yang terdapat dalam data Anda dengan cara memberikan nama. Cara memberi nama atau kode ada dua, yaitu secara bebas dan terikat. Secara bebas, artinya Anda memberikan kode berdasarkan istilah yang dipakai dalam data secara langsung. Ini dapat dilakukan pada tingkat kalimat, paragraf dan passage. Seperti halnya dengan teknik pemberian kode, pemberian nama kategori atas kode-kode tersebut pun ada dua, yaitu bebas dan terikat. Bebas, artinya Anda merumuskan sistematika kategori berdasarkan ketersediaan kategori dalam hasil coding. Sedangkan terikat, artinya Anda menyiapkan pola atau template terlebih dahulu secara sistematis berdasarkan pola konsep yang Anda bangun. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan hasil coding dalam setiap kategori atau konsep yang telah Anda sediakan berdasarkan pemahaman Anda terhadap pertanyaan riset.

Dalam pertemuan ini ada dua isu penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

Pertama, setelah peserta berlatih secara langsung memasukkan data dalam Document NVivo, berupa data set dari 6 sumber yang diwawancarai (red. simulasi), ditemukan bahwa masalah reliabilitas kode data kualitatif sangat perlu untuk diperhatikan. Dalam pelatihan ini, mereka diminta untuk melakukan coding data yang simpel secara terpisah. Lalu, hasil coding mereka dibandingkan. Ternyata, dengan data kecil ini saja dalam masalah yang sangat sederhana, yaitu masalah persepsi seseorang, dalam hal ini informan, mereka masih sulit membuat kode yang sama antar peserta. Artinya apa? Reliabilitas hasil analisis mereka lemah. Apabila Anda melakukan analisis data kualitatif, lalu menarik kesimpulan dari hasil analisis yang Anda lakukan sendiri tanpa melewati proses konfirmasi dan diskusi dengan teman atau orang lain yang mengerti masalah yang sedang Anda teliti, maka bisa dipastikan bahwa kesimpulan penelitian Anda tidak memiliki reliabilitas yang cukup sehingga kesimpulan yang Anda buat pun menjadi lemah.
Kedua, sebelum proses pemberian kode terhadap data dimulai. Peserta tidak merumuskan suatu guideline yang disepakati bersama tentang konsep dan teknik coding. Sehingga pada saat hasil coding dikonfismasikan satu sama lain, timbul beberapa perbedaan dalam memaknai kode yang sama. Artinya, apabila Anda melakukan analisis data qualitatif, demi menjaga konsistensi pemberian kode, adalah sangat penting untuk merumuskan panduan bersama terlebih dahulu. Sedapat mungkin, segala konsep inti dalam penelitian didefinisikan secara details. Sehingga dalam proses pemberian kode secara terpisah, Anda memiliki pemahaman dan persepsi yang sama dalam memberikan kode. Dengan demikian, perbedaan hasil kode dapat dijustifikasi.

Mengapa data kualitatif harus reliable?

Penelitian adalah proses pencarian kebenaran ilmiah dan data adalah sumber kebenaran ilmiah (empiris dan dapat diverisikasi). Data yang sama dapat diinterpretasikan secara berbeda karena perbedaan sudut pandang. Artinya, persamaan sudut pandang dalam melihat dan memahami data menuju pada konsistensi pemberian kode merupakan cara untuk menverifikasi tingkat keakuratan pemahaman Anda atas data tersebut. Semakin tinggi tingkat kesepakatan Anda dengan orang lain dalam pemberian kode menunjukkan kekuatan tingkat kepercayaan pada hasil analisis Anda.

Mengapa tingkat keakuratan dipermasalahkan?

Kebenaran ilmiah tidak terlepas dari isu keakuratan. Artinya, semakin akurat Anda dalam memahami data yang ada, maka semakin kuat pula kesimpulan yang lahir dari hasil analisis Anda. Di samping itu, cara pandang Anda terhadap data tersebut semakin jauh dari bias pribadi Anda. Dengan demikian, kesimpulan yang Anda ambil sedapat mungkin mampu berbicara tentang apa yang terjadi pada alam realitas (empiris), bukan tentang 'apa yang Anda inginkan dan bayangkan'.

Materi latihan dan draf panduan dapat Anda download dari alamat ini



Technorati Tags: , , ,

1 comments:

Unknown April 2, 2009 at 8:26 AM  

alamat buat downloadnya ada di file/tagnya yang mana? Alamatnya dimana? Berapa biayanya? Kapan lagi ada trainingnya?
Terima kasih.

Daud W
hobiperkutut@yahoo.com

About This Blog

This blog is dedicated to share all about NVivo.

NVivo Forum

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP